5 Tips Membersihkan Kasur, Sofa dan Karpet yang Kebanjiran

Banjir besar yang melanda Jabodetabek tepat di hari pertama tahun 2020 tanggal 1 Januari 2020 membawa korban jiwa sekurang-kurangnya 67 orang. Kawasan yang terendam banjir cukup merata. Yang terparah adalah kawanan Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

Tidak hanya menimbulkan korban jiwa, air yang merendam pemukiman tersebut menyebabkan peralatan rumah tangga seperti kasur/spring bed, sofa dan karpet basah dan kotor terendam air.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika genangan mulai surut adalah perabotan tersebut harus dikeringkan sesegera mungkin. Jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi basah, kasur akan berjamur dan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan kasur, sofa dan karpet yang terkena banjir.

  1. Bersihkan kotoran.

Hilangkan lapisan kotoran atau lumpur dari banjir. Anda dapat menyiramkan air bersih dengan menyikatnya hingga kotoran yang ada menghilang. Jika sudah cukup bersih, kita dapat memiringkan kasur agar air yang ada di dalam kasur keluar

2. Jemur kasur, sofa dan karpet sampai kering.

Lakukan proses membolak-balik selama penjemuran supaya kasur, sofa, dan karpet kering secara merata. Pukul-pukul dengan alat pemukul kasur agar kotoran dan kuman yang menempel terlepas.

3. Manfaatkan pengering rambut.

Manfaatkan pengering rambut (hair dryer) jika hanya sebagian kecil kasur yang basah. Gerakkan pengering rambut secara merata ke sejumlah bagian kasur.

4. Semprotkan cairan desinfektan.

Semprotkan cairan desinfektan untuk membunuh kuman dan jamur di kasur, sofa dan karpet. Jemur kembali kasur, sofa dan karpet yang sudah disemprot desinfektan tersebut. Supaya bau apek sedikit terkurangi, semprotkan parfum/pewangi.

5. Simpan kasur dengan posisi berdiri atau sandarkan pada dinding.

Arahkan kipas angin yang menyala pada kasur. Pastikan pula jendela ruangan terbuka lebar agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Di atas 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kasur, sofa dan karpet yang terkena banjir.

Apabila Anda tidak punya waktu melakukan 5 hal di atas, kami siap membantu Anda. Silahkan kontak kami.

Semoga bermanfaat.

Tambah Komentar Anda

PusatCuciCikarang.com © 2020. All rights reserved.

WhatsApp Kirim pesan WA