Awas, Kutu Kasur Jadi Teman Tidur Anda !

Awas, Kutu Kasur Jadi Teman Tidur Anda !
Mengenal kutu kasur lebih dekat

Kutu kasur yang memiliki bahasa latin Cimex lectularius adalah kutu yang biasanya menghuni kasur atau sofa. Populer di masyarakat dengan nama kutu busuk. Kutu ini meminum darah dari hewan berdarah panas (seperti manusia) sebagai sumber energi. Untuk dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, kutu ini hidup pada habitat dengan suhu 21-26oC. Kutu kasur adalah serangga yang cukup tangguh. Mereka masih bisa bertahan hidup jika tidak ada darah. Jika berada di suhu di bawah 12oC mereka menjadi lebih pasif gerakannya.

Kutu dewasa dapat mencapai ukuran 0,5 cm dan berwarna coklat tua. Pada betina, mereka dapat mengeluarkan sebanyak 300 telur seumur hidupnya. Telur kutu yang berwarna putih ini akan menempel pada permukaan tempat tidur dan sulit dideteksi jika permukaan kasur berwarna terang juga.

Bagaimana kutu kasur dapat muncul di kasur

Lingkungan yang kotor tak selalu jadi pertanda keberadaan kutu kasur. Mereka dapat tinggal di kondisi tempat tidur yang kotor maupun bersih. Kutu juga cenderung berada di tempat tidur yang biasanya dihuni secara bergantian, seperti tempat tidur di hotel.

Dengan badannya yang pipih dan kecil, mereka dapat berpindah secara cepat dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya saja, mereka mampu berpindah dengan cara menumpang pada pakaian yang dibawa oleh pendatang yang menginap di hotel. Kutu yang menumpang pada pakaian yang dibawa manusia selama liburan akan berpindah dari tempat tidur hotel ke tempat tidur rumah setelah manusia tersebut pulang kembali ke rumahnya.

Jika kutu kasur hidup di kamar yang tidak berpenghuni, kutu kasur mampu berpindah ke kamar lain melalui celah bangunan. Walaupun begitu, tidak seperti kutu rambut yang menjadi parasit pada tubuh manusia, kutu kasur tidak akan menetap di bagian tubuh manusia yang berambut.

Ciri kasur atau sofa ada kutunya

Di kasur atau sofa yang dihuni oleh serangga ini, biasanya ada bercak-bercak hitam pada permukaan tempat tidur. Bercak-bercak hitam ini adalah kotoran kutu yang sudah mengering dan menempel pada tempat tidur. Kulit kering berwarna kecoklatan yang menumpuk pada suatu bagian dari tempat tidur menjadi ciri lain pada kasur yang dihuni oleh serangga kecil ini.

Bercak darah pada permukaan tempat tidur juga dapat mengindikasikan adanya kutu kasur yang hidup. Darah ini ada karena kutu terhimpit badan manusia sehingga tubuhnya remuk hancur.

Bau yang menyengat dari tempat tidur adalah salah satu ciri juga, namun dirasa kurang membantu dalam pelacakan. Kutu kasur dewasa akan mengeluarkan bebauan dari tubuhnya. Namun, bebauan itu hanya dapat tercium oleh manusia dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika tempat tidur Anda sudah mulai berbau, bukan hanya dihuni oleh satu koloni kecil kutu kasur, mungkin sekarang kutu kasur dalam tempat tidur Anda sedang membuat kerajaan.

Beda gigitan nyamuk dengan kutu kasur

Kutu akan menggigit bagian kulit manusia yang tidak terhalang kain (terekspos). Bisa di wajah, tangan, kaki, punggung, dan bagian lainnya. Perbedaan mendasar antara gigitan dari kutu dan nyamuk adalah kutu kasur cenderung menggigit dengan suatu pola garis lurus, sedangkan nyamuk cenderung acak dalam menghisap darah manusia.

Gigitan Kutu Kasur
Gigitan Kutu Kasur Berpola Segaris
Efek gigitan kutu kasur

Walaupun tidak menimbulkan masalah yang serius, reaksi yang ditimbulkan tubuh ketika digigit biasanya adalah bentol. Bentol yang sangat gatal ini juga akan cepat sembuh dalam waktu satu minggu setelah pengolesan krim antihistamin sebagai obat antialergi. Efek yang lebih berbahaya justru buka pada gigitannya, tapi pada efek sekunder karena kulit digaruk. Kulit yang digaruk bisa menimbulkan luka terbuka yang mudah kena infeksi.

Pada beberapa kasus, ada orang yang sampai mengalami bercak kemerahan pada kulit, bahkan bentol berair. Kasus yang lebih akut ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik dari tenaga medis yang bersangkutan. Kebanyakan dari mereka yang pernah digigit kutu kasur tidak menimbulkan reaksi alergi apa-apa.

Efek lainnya adalah kutu kasur dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Seseorang yang digigit oleh kutu ini akan mengalami ketidaknyamanan saat tidur, kurang tidur, kecemasan, dan rasa malu. Selain itu juga, menurut ahli kesehatan, stres yang ditimbulkan ketika digigit kutu kasur ternyata dapat berefek pada kesehatan seseorang dalam mengontrol emosinya, dan menurunkan kesejahteraan hidup seseorang.

Cara menghilangkan kutu kasur atau kutu sofa

Apabila Anda memiliki penghisap vakum (vacuum cleaner), vakum kasur atau sofa Anda secara rutin. Untuk kasus kutu kasur atau kutu sofa yang sudah beranak pinak dan menyebar, Anda dapat menggunakan jasa cuci springbed dan cuci sofa untuk penanganan yang lebih maksimal dan menuntaskan masalah Anda.

Pelajari di sini langkah mencuci kasur (springbed) dan sofa :

Untuk booking jadwal kunjungan cuci kasur dan cuci sofa di daerah Cikarang dan sekitarnya, klik tombol di bawah ini :

Tambah Komentar Anda

PusatCuciCikarang.com © 2019. All rights reserved.

WhatsApp chat Kirim pesan WA